Cerpen : It’s so simple

by - Monday, April 23, 2018


It’s so simple
Kunci biar gak ribet itu mudah ‘simple’ gak banyak neko-neko atau kemauan. Itu lah prinsip yang aku terapkan dalam diri ku selama ini.
Ilona,
ia namaku ilona, aku mahasiswa dari salah satu universitas di Yogyakarta.ayahku asli orang jawa barat dan ibuku asli orang Sumatra, entah bagaimana mereka bisa bertemu.kami pindah di Yogyakarta karena tuntutan pekerjaan ayahku, dan disini duniaku berawal.
“Maa,,,,Ona pergi yaa.”
“lho gak sarapan dulu ona”
“Gak ma takut telat”
“oh ya udah kamu hati-hati ya”
Kuliah kuliah kuliah cuman itu kegiatan yang aku lakukan selama beberapa semester ini. Bisa dibilang aku orang yang gak terkenal di kampus karena aku kuliah hanya kupu-kupu ya, itu istilah nya kuliah pulang-kuliah pulang, tapi kali ini gak ada yang namaya kupu-kupu, karena semua berkat dia ,ia dia sang penghias hidupku.
Onaa,, onaa,,
Rana, rani dua sahabatku yang selalu ada buat aku kapan pun itu,,,
“kenapa?,,kok kalian keliatan capek. Habis olahraga buk. Hello gak ada mk olahraga kali kita”.
“ ada kabar baru.. uadah tau belum”
“kenapa sih rana,,, rani,,,, kenapa tugas ibu siti aisyah belum”
“ihhh,,,, bukan masalah tugas onaa,,”
“terua apa,,”
“tadi aku sama rani kan gak sengaja lewat prodi nah tau gak??”
“apa sih,,,udah deh to the point aja gak pakek lama”
“kelas kita bakalan ada mahasiswa baru, cowok, ganteng, anak pengusaha”
“terus hubungannya apa sama aku,,”
“eh elu gak boleh cuek gitu dong siapa tau cowok itu bakalan jadi pacar elu,”
“betul itu ona secara diantara kita yang belum punya pasangankan cuman elu,, jadi siapa tau itu emang jodoh elu”
“udah ah kalian tu apaan sih,,, ingat ya  gua gak suka kalo dijodoh-jodohin. Apalagi sama orang yang belom gua kenal kan gak banget, ia kalo dia baik kalo dia jahat kan habis kita”
“eh kamu mah ona , nanti juga kenal kan dia bakalan jadi anggota kelas kita juga”
“udah deh yaa mendingan kita kekelas ntar telat, tau sendiri kan gimana ibu siti aisyah.”
Kami pun menuju kelas, ia ibu siti aisyah adalah salah satu dosen yang paling disegani disini, karena yaa dosen yang yang palong kolot di kampus ini,, bukan bermaksud mau jelek-jelekin itu dosen tapi emang benar ibu itu hudup di tahun kapan,, hello dah tahun 2022 kali yahh,,,
Ehh btw,,, masalah mahasiswa baru itu gak tau deh emang bener atau enggak adanya, emang sih diatara kami yang jomblo hanya gua,, bukan berarti gua gak laku yaa cuman buat gua pacaran itu cuman buang-buang waktu aja.
“selamat pagi semua,,”
“selamat pagi buuuukkk”
“baiklah hari ini kita lanjutkan materi kemarin tapi sebelumnya kita kehadiran mahasiswa baru, kita perkenalan dulu kali yaa tak kenal maka tak sayang, ya silahkan”
Duh nii dosen ampun deh , gak pernah ngaca kali ya dah tua inget umur buk, masih aja mau ngombalin nee mahasiswa baru, jadi penasaran gimana sih orannya.
“haii semua,,,nama saya devan,salam kenal semua”
Gak tau gua ama isi kelas ini ,,, gila biasa aja kali ya lihat yang gituan, ganteng sihh, tapi gak gitu juga dong jaga image sebagai cewek.
“eh ona,, gimana gantengkan, benerkan yang gua bilang tadi,, elu sihh gak percaya”
“ok ok gua akui ganteng tapi kita kan gak tau gimana isi dalamnya siapa tau dia kanibal kan ,,, jangan mau tertipu sama wajah deh”
“eh elu ona kalo ngomong sembarangan aja .. awas loo nanti fall in love”
“udah deh yaaaa”
Gua bener-bener gak tau dengan jalan pikiran kedua temen gua yang ini,,, pikirannya hanya gimana caranya biar gua bisa dapat pacar. Duh bener-bener deh asal kalian tau aja ya I enjoy with my status ok, so don’t worry
“ya kamu devan bisa duduk disamping ilona”
“ia bu terima kasih”
Oh my god apa lagi sih ini,,,,, tuhan gak bisakan engkau tidak menyiksaku sehari saja. Akhirnya kami pun menyelesaikan matakuliah hari ini. Karena hanya satu mk jadi selesainya cepat.
“ona elu mau kemana”
“biasalahkan pulang, mau kemana lagi”
“ikut kita aja yuk”
“kemana?? Mau jadi obat nyamuk kalian berdua.”
“makanya cari cowok dong”
“gak mau,, dan gak perduli,,”
Hello bener aja masak gua disuruh ikut mereka jalan-jalan, enak kalo cuman bertiga, ini mana mereka bawa pasangan semua kan gak banget.emang dasar temen yang bener-bener gak pengertian.
“ilona”
“oh ia bu ada apa”
“nanti kamu tolong antar deva untuk keliling-keliling kampus ya, biar dia tau kampus kita”
“ia bu,”
“ya sudah sampai disini saja penyampaian materi kita dilanjutkan minggu depan. Untuk devan nanti kamu akan diantarkan sama ilona.”
“ia buk makasih”ujar devan
Aduuh aduh,,,,,, apa lagi ini.
“ona kami duluan yah,, dah di tunggu soalnya,”
“oh ok , eh elu pada gak mau nemenin gua nehh”
“gak ah kalian aja, kami duluan yaa,oh ya devan ikut sama ona aja”
Yah akhirnya ini lah yang gua jalani dihari pertama dengan mahasiswa baru, yang gua gak tau asal usulnya gimana.
“oh ya mau mulai dari mana kita”
“terserah kamu aja , aku ngikut aja. Oh ya sebelumnya nama gua devan, semoga kita jadi temen yang baik ya”
“hehe ia , gua ilona.”
“oh ya boleh aku Tanya”
“boleh mau Tanya apa, kita sambil jalan aja kali ya biar enak”
“ia boleh, oh ya tadi siapa”
“yang mana”
“yang ngomong sama kamu tadi di kelas kok manggil kamu ona”
“oh itu rana sama rani  sahabat gua. Soal dia manggil gua ona, emang orang yang deket sama gua manggilnya ona. Gak tau kenapa udah dari keluarga juga manggil gitu. Kenpa??”
“oh jadi mereka kembar ya, gak papa sih cuman heran aja kok kamu di panggil ona kan nama kamu ilona. Kalo aku panggil kamu ona boleh”
“hhh boleh, bebas terserah elu mau panggil gua apa asal sopan.oh ya elu  gak usah pakek aku kamu gitu deh , biasa aja gak usah sok formal”
“ohh ia, btw nanti gua bisa mintak nomor kamu biar kalo ada apa-apa gua bisa Tanya sama kamu,jadwak mata kuliah atau sebagainya”
“oh itu ya,gampang nanti kamu saya kasih, soal jadwal mata kuliah nanti gua kirim sama elu aja ya”
“oh ok, oh ya udah ini mau kemana?”
“siapa gua?”
“ia lah siapa lagi”
“oh gua mah kayak biasanya aja, pulang kerumah”
“pulang, gak mau jalan dulu ne”
“hahah jalan kemana, gua mah gak pernah pulang kuliah jalan-jalan”
“ya udah gimana kalo kali ini elu ikut gua deh”
“mau kemana”
“dah ikut aja nanti kamu juga tau, di jamin gak bakalan nyesel”
“janji ya gak nyesel awas lho kalo nyesel”
Itu lah hari pertama gua dan dia, entah apa yang membuat aku begitu nyaman dengan dia walaupun baru ketemu dan kenalan tapi rasanya dia adalah sosok yang mengerti aku tanpa harus aku menjelaskan.pergi bersamanya membuat aku merasa  bahwa dunia mulai meperlihatkan keindahannya sedikit demi sedikit. Selama ini aku tidak pernah merasakan hidup sepeti ini.
Monokrom mungkin itu kata yang tepat buat jalan hidup gua, gak pernah mengenal apa itu warna, hanya hitam putih.tetapi tidak akan lama lagi monokrom akan menjadi rainbow, karena telah ada seorang seniman yang akan menumpahkan warna-warna indah pada kanvas kehidupan ku.
“hallo,malam”
“oh ya ada apa van”
“besokkan weekend, elu mau kemana”
“weekend ya, gak kemana-mana sih mungkin dirumah aja. Kenapa”
“oh jadi besok free yaa”
“emmm ia”
“gimana kalo elu ikut gua, ya itung-itung manjain mata lah”
“mau kemana”
“ya ikut aja dulu,, besok gua jemput elu di rumah, gimana”
“boleh sih sudah lama juga ak manjain mata”
“jadi besok yaa, gua jemput elu di rumah”
“ok gua tunggu dirumah”
“ok, selamat malam ona”
“y malem devan”
Entah apa yang membuatku begitu gembira kami hanya sekedar teman, tapi bersamanya membuatku merasa bahagia.tak terasa sudah satu semester devan ada di kampusku, dan sekilas aku teringat dengan kata-kata rana dan rani tentang jatuh cinta kepada devan, ya mungkin aku telah jatuh hati kepadanya dan mulai bergantung pada orang yang belum tentu merasakan apa yang selama ini aku rasakan.

Penulis : Yuda Yulianti
Instagram : yudayoutha
    
 



You May Also Like

1 komentar